Kamis, 01 Agustus 2019

Gambaran Umum Profesi Bisnis

Etika (Yunani kuno :”ethikos”. yaitu “timbul dari kebiasaan” ) adalah sebuah sesuatu dimana dan bagaimana cabag utama filsafat yang memepelajari nilai atau kualitas yang menjadi studi yang  mengenai standard dan penilain moral. Etika yaitu kebiasaan/adat, akhlak, watak, perasaan, sikap, cara berpikir seseorang untuk melaksanakan bisnis. Etika bisnis merupakan etika dalam pelaksanakan bisnis dan  dengan adanya etika bisnis maka pelaksanaan bisnis atau usaha yang kita kerjakan akan lebih mengarah ke bisnis yang lebih baik tanpa  adanya kecurangan yang dapat merugikan orang lain.   
Dengan adanya etika bisnis maka setiap orang akan  lebih berfikir bahwa   Kehidupan lintas generasi terus berganti seiring dengan perkembangan manusia dan kebudayaan manusia. Maka tatanan hidup pun mulai berevolusi. Banyaknya kebudayaan dan percampuran kebudayaan dalam kehidupan kita banyak mempengaruhi etika kehidupan.
Profesi sendiri berasal dari bahasa latin”proffesio” yang memepunyai dua pengetian yaitu janji/ikrar dan pekerjaan. Bila diartikan yang lebih luas menjadi kegiatan “apa saja”dan “siapa saja”untuk memperolah nafkah yang dilakukan dengan sesuatu keahlian tertentu. Sedangkan dalam arti sempit yaitu kegiatan dijalankan berdasarkan keahlian tertentu dan sekaligus dituntut pelaksanaan norma-norma social dengan baik. 
 

      Etika profesi adalah sebagai sikap hidup untuk memenuhi kebutuhan pelayanan profesional dari klien dengan keterlibatan dan keahlian sebagai pelayanan dalam rangka kewajiban masyarakat sebagai keseluruhan terhadap para anggota masyarakat yang membutuhkannya dengan disertai refleksi yang seksama.

Prinsip Dasar  Didalam Etika Profesi, yaitu:
1.   Tanggung jawab,
2.    Keadilan,
3.   Prinsip ini menuntut kita untuk memberikan hak kepada seseorang,
4. Prinsip Kompetensi, melaksanakan pekerjaan sesuai jasa profesionalnya, 
     kompetensi dan ketekunan,
5.   Prinsip Prilaku Profesional, berprilaku konsisten dengan reputasi profesi,
6.   Prinsip Kerahasiaan, menghormati kerahasiaan informasi.
    Pelaku bisnis harus mampu mengembangkan dan memanifestasikan sikap tanggung jawab masyarakat sekitarnya.  Tanggung jawab sosial bisa dalam bentuk kepedulian terhadap masyarakat, terutama dalam hal pendidikan, kesehatan, pemberian pelatihan keterampilan, dan lain sebagainya.
 "Etika Bisnis #"
Nama   : Melda Angelina
Kelas    : 3EA04
NPM    : 14216363

Tidak ada komentar:

Posting Komentar