Kamis, 01 Agustus 2019

Norma dan Etika dalam Pemasaran, Produksi, Manajemen Sumber Daya Manusia dan Finansial

   Etika berasal dari bahasa Yunani yaitu Ethos yang berarti adat istiadat. Etika adalah prinsip atau standar yang mengatur perilaku suatu komunitas, kelompok, organisasi dan individu. Etika berkaitan dengan kebiasaan hidup yang baik, baik pada diri seseorang maupun pada suatu masyarakat.


Etika adalah Ilmu tentang apa yang baik dan apa yang buruk dan tentang hak dan kewajiban moral (KBBI). Etika iklan berguna untuk membuat konsumen tertarik, iklan harus dibuat menarik bahkan kadang dramatis. Tapi iklan tidak diterima oleh target tertentu (langsung). Iklan dikomunikasikan kepada khalayak luas (melalui media massa komunikasi iklan akan diterima oleh semua orang: semua usia, golongan, suku, dsb). Sehingga iklan harus memiliki etika, baik moral maupun bisnis.
Iklan yang Melanggan Etika
1. Kategori merendahkan produk pesaing
2. Kategori iklan menconte / meniru
3. Kategori minuman keras
4. Iklan Kekerasan / Sadisme
5. Kategori Melanggar Kesopanan
Etika dalam Kemasan dan Personal Selling
     Bentuk kemasan dan label serta gambar dalam kemasan dirancang sedemikian rupa sehingga diharapkan akan menimbulkan daya tarik bagi pelanggan. Namun dalam realitasnya dalam masyarakat kadang-kadang juga menimbulkan resistensi atau penolakan, walaupun sebelumnya telah dilakukan uji coba atau riset sebelum produk diluncurkan. Contoh, sebuah produk sabun cair untuk anak-anak yang kemasan botolnya dibuat seperti bentuk binatang Panda, dengan tujuan untuk merangsang konsumen anak – anak untuk membelinya, namun ternyata setelah dipasarkan, produk tersebut mendapat protes keras dari para pecinta binatang. 
     Salah satu strategi promosi yang dilakukan oleh pemasar adalah dengan personal selling atau penjualan personal. Daya tarik seorang wanita sebagai salesgirls sering dimanfaatkan secara berlebihan oleh seorang marketer, sehingga seringkali profesi sales girls dipesepsikan negatif oleh sebagian masyarakat. Banyak perusahaan atau marketer melatih sales girls-nya dengan teknik-teknik bujukan atau rayuan, dan penampilan yang seksi untuk merangsang pembelian dari konsumen.

 "Etika Bisnis #"
Nama   : Melda Angelina
Kelas    : 3EA04
NPM    : 14216363

Tidak ada komentar:

Posting Komentar