Sejalan
dengan kemajuan di bidang ekonomi, maka perkembangan dunia usaha mengalami
perkembangan yang cukup pesat. Dunia ekonomi khususnya bisnis usaha akan
terdapat persaingan yang ketat antara perusahaan sejenis, dimana perusahaan
akan berlomba-lomba untuk memenuhi permintaan dari pasar atau konsumen.
Pemasaran memegang peranan penting dalam dunia usaha karena pemasaran
berhubungan dengan kegiatan untuk memperkirakan atau mengantisipasi kebutuhan
dan keinginan konsumen dan juga berkaitan dengan mengalirnya produk berupa
barang dan jasa dari produsen kepada konsumen dalam rangka mencapai tujuan
perusahaan, yaitu memperoleh keuntungan.
Perkembangan pasar yang besar 2 mengundang
datangnya pelaku baru untuk ikut menikmati keuntungan yang sama. Produk-produk
yang bersaing tersebut mempunyai ciri yang sama, yaitu berbentuk cair, dikemas
dalam botol, dan dapat dikategorikan sebagai minuman kesehatan yang relatif
mahal dengan target konsumen menengah keatas yang memerlukan kesegaran dan
vitalitas. Persaingan yang telah marak serta permainan yang berlomba dikategori
ini cukup banyak, seperti Livopitan, Kratingdaeng, M-150, Nagatan dan lainnya.
PT. Bintang Toedjoe menganggap peluang masih ada dan justru sangat besar yaitu
dengan membidik pasar sasaran yang ingin menggunakan produk ini dengan harga
terjangkau tetapi dengan khasiat atau kualitas yang sama. Merekapun
mengeluarkan produk dengan merek Extra Joss, yang memanfaatkan strategi
diferensiasi yang menawarkan produk lebih murah, rasa yang bervariasi dan
dengan meyakinkan konsumen bahwa bentuk bubuk itu lebih ampuh, karena itulah
bentuk asli atau awalnya yang disebut “biangnya”.
Munculnya pelaku baru di industri minuman suplemen
ini memunculkan ancaman tersendiri bagi Extra Joss. Saat ini telah terdapat
banyak merek yang memperebutkan pasar yang sama. Selain Extra Joss, ada
Hemaviton dengan berbagai variannya (PT. Tempo Scan), Kuku Bima Ener-G (PT.
Sido Muncul), Fit-Up (Konimex), dan lain-lain. Pelaku minuman suplemen ini,
diperkirakan memperebutkan pasar senilai Rp.2 triliun/tahun dan Extra Joss
menguasai sekitar 50% sedangkan yang kedua adalah Hemaviton Jreng dengan
penguasaan sekitar 20%, Kratingdaeng dan Kuku Bima menempati posisi yang ketiga
dengan penguasaan sekitar 10% lebih, dan sisanya ditempati oleh pelaku lain
yang kecil-kecil.
Sebagai
merek pionir dan market leader dalam kategori minuman energi non cair tentunya
akan menguntungkan manajemen Extra Joss, karena konsumen sudah lebih dulu
mengingat merek tersebut untuk jangka waktu yang cukup lama sebelum munculnya
pendatang baru. Bersama 4 merek-merek lain, Extra Joss bersaing dipasar dengan
kekuatan merek yang berbeda-beda, maka dari itu Extra Joss harus terus berusaha
mempertahankan posisinya sebagai market leader. Hal ini tentunya tidak mudah
karena para pesaing terus berusaha untuk menggerogoti pangsa pasar dari Extra
Joss dan berusaha untuk menggeser posisinya sebagai market leader. Persaingan
di kategori minuman energi, khususnya serbuk, memang akan banyak tergantung
pada aspek awareness dan distribusi. Faktor kualitas yang seharusnya bisa
menjadi diferensiasi utama antar pelaku semakin sulit dibedakan.
Kasus Iklan Minuman Berenergi (Kuku Bima
Energi vs Exra Joss) Iklan produk minuman
berenergi yaitu Kuku Bima Energi dan Extra Joss merupakan contoh
iklan yang tidak beretika dalam dunia bisnis. Karena dalam dua iklan tersebut,
mereka saling menjatuhkan satu sama lain dengan sindiran – sindiran
yang ada di dalam iklan. Kuku Bima Energi memiliki slogan
“Kuku Bima Energi Roso” yang artinya memiliki banyak rasa
dalam setiap pilihan minuman tersebut yakni rasa original,
anggur, jambu, jeruk, kopi, dan teh. Sedangkan dalam iklan Extra Joss hanya
menampilkan satu rasa yaitu rasa original dan Extra Joss membuat
slogan “Laki Kok Minum Yang Rasa-Rasa” dengan maksud
menyindir konsumen Kuku Bima Energi yang meminum minuman
berenergi dengan aneka pilihan rasa. Dari slogan – slogan yang
ditunjukan dari dua minuman berenergi tersebut, dapat dikatakan bahwa secara
tidak langsung Extra Joss menyindir Kuku Bima Energi.
"Etika Bisnis #"
Nama
: Melda Angelina
Kelas
: 3EA04
NPM
: 14216363
Tidak ada komentar:
Posting Komentar