Kajian penelitian ini memilih starbucks surabaya menjadi objek
penelitian karena surabaya kota metropolitan kedua di Indonesia.
Penelitian ini berfokus terhadap 4 blok bangunan pada bisnis model
kanvas, starbucks membagi segmen pasarnya kepada coffe Affectionate,
mobile profesional/eksekutif muda dan pelajar serta mahasiswa. Sehingga
starbucks dapat membentuk channel berupa retail store, starbucks
coffee/gerai kopi dan drive thru. Kemudian starbucks membangun customer
relationship dengan loyalitas pelanggan long term partnership.
Berdasarkan hasil penelitian yang di lakukan perusahaan
starbucks coffee Indonesia telah menerapkan value proposition yang sama
dengan value proposition yang telah ditentukan oleh starbucks coffee
pusat. Isi dari value proposition tersebut adalah serving the best
coffee and feels starbucks experience ( dengan memberi pelayanan dan
kopi terbaik ), Coffee to be grown under the highest standart of quality
beans ( biji kopi tumbuh dan diolah dengan memiliki standart kualitas
tinggi nomor 1 di dunia ). Penelitian
ini dilakukan setelah adanya bom sarinah yang lokasinya berdekatan
dengan starbucks coffee yang juga menjadi korban dalam kejadian
tersebut, sehingga hal ini sangat berpengaruh besar terhadap kebijakan
starbucks coffee asia di starbucks coffee Indonesia.
"Etika Bisnis #"
Nama
: Melda Angelina
Kelas
: 3EA04
NPM
: 14216363
Tidak ada komentar:
Posting Komentar